Cara Install Composer

Apa itu Composer ?
Belakangan ini terjadi perubahan yang signifikan dalam dunia pemrograman PHP. Yaitu munculnya dependencies manager yang bernama Composer. Composer sendiri adalah sebuah project open source yang dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Project Composer sendiri diterbitkan melalui github (https://github.com/composer/composer) sejak 3 April 2011 dan hingga saat ini masih aktif. Itu adalah sekilas tentang apa itu Composer.

Cara Install Composer
https://getcomposer.org

Pada postingan kali ini kita akan membahas Cara Install Composer. Kita dapat mendownload Composer di https://getcomposer.org dan dapat langsung kita download composer intaller.

Setelah didownload kita buka file Composer-setup.exe, kemudian akan muncul jendela composer setup seperti pada gambar, lalu klik next untuk melanjutkan proses install.

Cara Install Composer

Sebelum install Composer, pastikan pada komputer kita sudah terinstall php. kita dapat melakukan install satu per satu ataupun melalui paket software distribusi seperti xampp, wampp atau yang lainnya. Jika sudah diinstall, pilih lokasi php.exe dan klik next untuk melanjutkan.

Cara Install Composer

Selanjutnya tentukan apakah koneksi internet menggunakan proxy. Misal seperti pada sebuah kantor dimana koneksi internetnya terpusat pada proxy tertentu. Jika menggunakan proxy, centang pilihan "Use a proxy server to connect to internet" dan tuliskan alamat proxy beserta portnya, misal: 12.13.65.250:8080


Cara Install Composer

Cara Install Composer

Tunggu hingga proses install selesai, jika sudah klik finish. cara mengetahui composer sudah terinstall atau belum, buka command prompt lalu ketikkan composer --version, jika sukses maka akan muncul seperti berikut:

Cara Install Composer

Jika gagal, silakan ulangi lagi proses instalasinya

Sekian postingan tentang Cara Install Composer jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

SELAMAT MENCOBA dan SEMOGA BERHASIL !!!

Related Posts:

0 Response to "Cara Install Composer"

Post a Comment