Apa itu Bootable

Apa itu Bootable?
pada postingan kali ini Saya akan membahas tentang yang namanya Bootable. Mungkin bagi sebagian orang Bootable sudah tidak asing, khususnya bagi orang IT. Nah, untuk pertanyaan Apa itu Bootable? Apa fungsinya?. Mari Kita bahas pada postingan ini.

apa itu bootable

Bootable adalah sebuah fasilitas atau layanan yang ada pada setiap Sysem Oeprasi, yang mana fasilitas tersebut di letakkan pada media penyimpanan, seperti Flashdisk, CD/DVD, atau media penyimpanan lain. Mungkin selama ini kita berfikir bahwa yang di sebut Bootalbe itu adalah Flashdisk yang di dalamnya terdapat System Operasinya, Tapi tarnyata SALAH, karena yang di namakan bootable itu adalah media penyimpanan yang di dalamnya terdapat System Oprasi. Jadi bukan hanya CD/DVD saja, melainkan semua media penyimpanan juga bisa disebut Bootable asalkan didalamnya terdapat System Operasi, seperti Flashdisk, dan sebagainya.

Kenapa dinamakan dengan Bootable?
Dinamakan Bootable karena setiap sistem operasi pasti akan  melakukan first boot melalui media penyimpanan, seperti Flashdisk, Disket, Harddisk (HDD), CD/ DVD-ROM, dan sebagainya. Contohnya ketika kita melakukan setting BIOS ketika akan melakukan Instalasi System Operasi Dengan Flashdisk, kita harus menentukan Media Penyimpanan berupa flashdisk yang mana akan pertama digunaakan untuk (first boot) nantinya.

Selain itu Bootable memiliki beberapa kegunaan, yaitu :

  • Untuk instalasi sistem operasi 
  • Pembersihan data 
  • Pemulihan Data 
  • Pemecahan masalah ( Troubleshooting ) perangkat keras/ hardware dan perangkat lunak/ software. Untuk Demonstrasi
  • Software Akses administratif dalam kasus hilang password dengan sebuah boot yang sesuai dengan sistem operasi tertentu.
  • Mengubah Lingkungan Operasi


Jadi kesimpulannya, Bootable adalah media penyimpanan yang bisa berupa kartu memori, CD/DVD, Flashdisk, disket, Harddisk, dan sejenisnya yang berisi sistem operasi yang bisa dijalankan komputer tanpa memerlukan harddisk, sehingga nantinya dapat melakukan pertukaran data, sehingga memungkinkan untuk melakukan penginstalan sebuah sistem operasi pada sebuah harddisk. Jadi, kalau Media penyimpanan yang didalamnya ada sistem operasinya namun tidak bisa dijalankan, itu tidak bisa dibilang/termasuk Bootable.

Itulah sedikit penjelasan tentang Apa itu Bootable dan fungsinya. Mungkin pada awalnya kita mengira bahwa bootable itu hanya ada pada CD/ DVD yang sering digunakan oleh para tukang servis dalam menginstal ulang PC/ Laptop. Tapi, sebenarnya bootable juga dapat menggunakan media penyimpanan lain seperti Flashdisk, hal ini dapat membantu proses instalasi sistem operasi jika CD-DVD-ROM Komputer PC/ Laptop bermasalah atau rusak.

Related Posts:

0 Response to "Apa itu Bootable"

Post a Comment